Mau Kuliah di Mana?

Pertanyaan di atas sering menyeruak di antara percakapan sehari-hari. Pertanyaan tersebut semakin sering terdengar ketika masa SMA/MA akan berakhir.

Besar kemungkinan Anda akan kebingungan menjawab pertanyaan di atas. Kebingungan Anda bisa dimengerti. Banyak siswa dilanda kebingungan dalam menentukan pendidikan berikutnya selepas SMA/MA. Penyebab utama kebingungan tersebut adalah tidak cukupnya informasi tentang perguruan tinggi. Agar Anda tidak mengalami kebingungan selepas SMA/MA nanti, kenalilah perguruan tinggi yang ada di Indonesia.

Perguruan tinggi di Indonesia banyak sekali jumlahnya. Dari sejumlah perguruan tinggi yang ada di Indonesia, menurut jenisnya, dibedakan sebagai berikut.

  • Universitas

  • Universitas adalah lembaga pendidikan tinggi yang paling terkenal di Indonesia. Lembaga ini didirikan dengan tujuan untuk mengarahkan lulusannya menjadi tenaga profesional siap kerja atau tenaga pendidikan serta peneliti. Universitas terdiri atas beberapa fakultas.Fakultas adalah bagian dari universitas yang mendidik mahasiswa dalam bidang tertentu. Dalam satu fakultas umumnya terdapat beberapa jurusan.


  • Institut

  • Berbeda dengan universitas yang mempunyai program studi yang beragam, institut berkonsentrasi pada satu bidang saja. Meskipun demikian, institut juga mempunyai beberapa fakultas.


  • Sekolah Tinggi

  • Sekolah tinggi adalah perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan akademik dalam lingkup satu disiplin ilmu pengetahuan, teknologi, atau seni.

    Jika memenuhi syarat, sekolah tinggi dapat menyelenggarakan pendidikan profesi.


  • Akademi

  • Akademi merupakan lembaga pendidikan yang lebih menekankan pada keterampilan praktik kerja dan kemampuan untuk mandiri. Umumnya, lama pendidikan di perguruan tinggi ini hanya tiga tahun. Di perguruan tinggi ini, porsi praktik lebih besar daripada teori. Banyak akademi di Indonesia berstatus kedinasan. Artinya akademi itu diselenggarakan oleh dinas pemerintah.


  • Politeknik

  • Politeknik merupakan bagian dari sistem pendidikan nasional yang bertujuan menyiapkan mahasiswanya terjun di dunia kerja setelah lulus. Lulusan politeknik diharapkan memiliki kemampuan profesional dalam menerapkan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi.

    Sesuai dengan tujuannya, politeknik memberikan pengalaman belajar berupa praktik dan latihan yang memadai. Di politeknik, porsi praktik lebih besar daripada teori

    Perguruan tinggi mana yang Anda pilih? Otoritas di tangan Anda. Pilihlah perguruan tinggi yang sesuai dengan kemampuan Anda.

    Untuk informasi lebih lanjut mengenai status order, hubungi email kami cs@tryout.co.id